RENCANA PENGEMBANGAN PUSSIS UNIMED 2011

Pussis-Unimed:

Leading Research and Reference of Social Science and History, 2011

A. Pengantar

Pada tahun 2011, program-program kerja yang akan dilaksanakan oleh Pussis-Unimed tetap mengacu kepada lima aspek yang dinyatakan diatas. Akan tetapi, program-program yang dikembangkan tersebut merupakan program-program lanjutan dari program sebelumnya berupa pengembangan dan pemerkayaannya terutama menjadi terdepan dan referensi dalam penelitian sejarah dan ilmu-ilmu social. Arti daripada kalimat ini adalah tampilnya Pussis-Unimed menjadi rujukan dalam penelitian-penelitian ilmu sejarah dan ilmu social di Universitas Negeri Medan maupun Sumatra Utara. Namun demikian, pada prinsipnya Pussis-Unimed akan menitikberatkan seluruh program kegiatan melalui: 1) Optimalisasi Kuantitas dan Kualitas Penelitian, 2) Optimalisasi Komunitas Peneliti, 3) Optimalisasi kerjasama eksternal, nasional maupun internasional dan 4) optimalisasi penulisan buku dan jurnal dan 5) pemutakhiran program wisata sejarah.

B. Optimalisasi Kuantitas dan Kualitas Penelitian

Pada tahun 2009, jumlah penelitian yang telah dilakukan oleh Pussis-Unimed mencapai 9 (sembilan) judul penelitian. Penelitian tersebut dilaksanakan melalui kompetisi hibah penelitian seperti hibah Strategis Nasional, Research grand, maupun Potensi Pendidikan Daerah. Demikian pula penelitian yang dilaksanakan secara kerjasama antara Pussis-unimed dengan instansi lain seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Pelestarian dan Peninggalan Purbakala Banda Aceh, Balai Arkeologi Medan, Museum Negeri Propinsi Sumatra Utara serta  Kantor Riset dan Teknologi Jakarta.

Pada tahun 2010, penelitian yang telah direncanakan dilaksanakan dalam skala kecil yang disebut dengan inventarisasi yang berupaya untuk menuliskan singkat tentang objek penelitian. Sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun dalam rencana operasional tahun 2010, dimana jumlah inventarisasi yang dimaksud sebanyak  2 (dua) judul dan akan diupayakan bertambah melalui perolehan hibah-hibah penelitian tingkat nasional, perguruan tinggi, maupun fakultas. Kerjasama penelitian kelembagaanpun akan senantiasa ditingkatkan sehingga tujuan menjadi Leading Research and Reference of Social Science and History di Universitas Negeri Medan dan Sumatra Utara dapat tercapai.

Hal yang sama akan dilakukan pada tahun 2011 terutama dengan tampilnya Pussis-Unimed sebagai terdepan dan rujukan dalam penelitian ilmu sejarah dan ilmu-ilmu sosial. Oleh karena itu, jumlah dan kualitas penelitian akan senantiasa ditingkatkan. Tema-tema penelitian yang dikembangkan meliputi sejarah dan ilmu sosial. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi rujukan kebijakan publik, peluang, strategi dan pengembangan. Oleh karena itu, penelitian-penelitian dimaksud akan dapat berdaya guna dalam masyarakat dan kampus Universitas Negeri Medan.

C. Optimalisasi Komunitas Peneliti

Pelaksanaan penelitian di Pussis-Unimed dilaksanakan dengan melibatkan dosen-dosen di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (FIS-Unimed) yang dibentuk dan disebut dengan Komunitas Peneliti. Komunitas ini dibentuk pada bulan Maret 2009 seiring dengan proposal yang diikutkan dalam hibah-hibah penelitian. Pada tahun ini pula, jumlah dosen yang dilibatkan dalam penelitian yang dikordinir oleh Pussis-Unimed mencapai 12 orang dosen dengan jumlah judul penelitian mencapai 9 (sembilan) penelitian.

Pada tahun yang akan datang, komunitas ini akan semakin ditingkatkan dan jika dibutuhkan akan mengikutsertakan peneliti lain apabila jumlah judul penelitian yang diperoleh semakin meningkat. Demikian pula bahwa, komunitas peneliti ini akan diberdayakan semaksimal mungkin terutama untuk pembuatan proposal penelitian, pelaksanaan penelitian, maupun peningkatan kualitas penelitian-penelitian. Dengan begitu, tujuan Pussis-Unimed menjadi leader dalam penelitian sejarah dan ilmu sosial dapat tercapai.

D. Optimalisasi kerjasama eksternal, nasional maupun internasional

Kerjasama eksternal yang dimaksudkan adalah pengikatan keterlibatan dalam implikasi dan realisasi program Pussis-Unimed. Jika pada tahun 2008, Pussis-Unimed telah menjalin kerjasama dengan 19 lembaga dan perorangan, maka pada tahun 2009-2011, jumlah kerjasama tersebut akan ditingkatkan dan dipermanenkan melalui pembuatan ‘Memorandum of Understanding (MoU)”. Selama ini, Pussis-Unimed dalam melakukan kerjasama kurang memikirkan pentingya MoU karena lebih mengutamakan pada realisasi program.

Kerjasama yang dijalin terutama untuk melakukan kegiatan ilmiah seperti Seminar dan Konferensi maupun penelitian-penelitian. Pada tahun yang akan datang, kerjasama yang dimaksudkan terutama untuk penajaman penelitian dan kegiatan ilmiah. Demikian pula penjajakan untuk kunjungan-kunjungan maupun penelitian kerjasama internasional.

E. Optimalisasi penulisan buku dan jurnal

Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan melakukan penulisan buku dan jurnal terutama untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dan makalah kegiatan ilmiah.  Penulisan buku telah dimulai sejak tahun 2009 ini yang didanai oleh DIPA Unimed sebanyak 2 buku. Sedangkan penulisan jurnal akan dimulai pada tahun 2010 yang telah direncanakan dan dibiayai oleh DIPA Unimed sebagaimana yang dituliskan dan ditetapkan dalam Rencana Operasional Pussis Unimed 2010.

Pada tahun 2011, penulisan buku dan jurnal ini akan ditingkatkan terutama dalam kuantitas dan kualitas buku bertaraf nasional (ISBN dan ISSN). Dengan demikian, Pussis-Unimed diharapkan mampu memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan masyarakat lainnya penikmat sejarah dan ilmu-ilmu sosial. Penulisan buku diharapkan dapat dilakukan dengan tampilan di web Pussis-Unimed yang dapat diakses oleh guru, siswa dan mahasiswa. Oleh karena itu, pada tahun 2011, Pussis-Unimed diharapkan dapat menerapkan dan meluncurkan web Pussis-Unimed.

Penulisan buku dimaksud tidak saja bersifat laporan kegiatan, buku popular ber ISBN tetapi juga buku ajar sejarah dan ilmu sosial yang dapat digunakan oleh pelajar sekolah dasar hingga menengah di Sumatra Utara. Program ini adalah penulisan buku muatan lokal Sumatra Utara.

F.  Pemutakhiran program wisata sejarah.

Model pembelajaran yang tengah digagas dan dikembangkan oleh Pussis-Unimed adalah wisata sejarah (historical tours) dan wisata budaya (cultural tours). Model pembelajaran ini diyakini lebih mampu menjelaskan materi-materi pembelajaran yang mengutamakan lapangan sebagai objek kajian. Misalnya seperti kunjungan ke Museum, Situs sejarah dan budaya maupun objek lainnya.

Model pembelajaran yang dikembangkan ini perlu dikembangkan di standarisasikan terutama untuk mengembangkan dan menjalankan visi Unimed dalam bidang pendidikan dan pariwisata. Dengan demikian, Pussis-Unimed sebagai lembaga kajian sejarah dan ilmu sosial akan melakukan  kajian komprehensif dalam  pengembangan dan pembelajaran ilmu sejarah dan ilmu sosial.

Pada tahun 2009, Pussis-unimed telah melakukan wisata sejarah ke Situs Kota Cina dan Benteng Putri Hijau Delitua. Oleh karena itu, pada tahun-tahun yang akan datang, direncanakan melakukan wisata sejarah ke tempat atau situs lain seperti teluk Aru, Barus, Portibi, Tomok dan lain-lain, dimana tempat tersebut penting terutama dalam menjelaskan sejarah dan peradaban di Sumatra Utara. Demikian pula pembakuan model wisata sejarah dan budaya ini sehingga dapat diterapkan oleh pihak-pihak lain dalam menjalankan model pembelajaran wisata.

Disusun oleh:
Erond L. Damanik, M.Si
Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan

2 Komentar

  1. MANTAP, LANJUTKAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  2. mantap


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s