PUSSIS-UNIMED: MANAGEMEN INTERNAL DAN EKSTERNAL

  1. Organisasi dan Ketatalaksanaan

Pusat Studi sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial adalah lembaga yang berada dibawah kordinasi Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Negeri Medan.  PUSSIS dikelola dan dipimpin oleh seorang pengelola yang disebut Ketua. Dalam mekanisme kerjanya  Ketua PUSSIS ke atas berhubungan dengan sumberdaya peneliti yang ada di lingkungan fakultas. Sumberdaya peneliti yang menjadi tanggungjawab PUSSIS adalah para peneliti, yang sekaligus berperan sebagai pengajar, di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial. Secara kelembagaan Kepala PUSSIS berkordinasi dengan Ketua Lembaga Penelitian dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kepala PUSSIS memberikan komando kepada staffnya untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan administrasi dan umum, serta kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan agenda kerja yang telah ditetapkan terdahulu.

Tugas-tugas staf PUSSIS adalah merencanakan serta menjalankan dan pembuatan laporan akhir kegiatan (program) yang disetujui oleh Kepala PUSSIS untuk dilaporkan kepada bidang-bidang yang berkompeten dengan pelaporan kegiatan dimaksud.

2.  Ketenagaan

Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (PUSSIS-UNIMED) dikelola oleh Kepala dengan tetap melakukan kordinasi dengan Ketua Lembaga penelitian. Ketua bertugas mengelola sendiri semua hal yang menyangkut administrasi keuangan dan pelaksanaan program kegiatan. Sementara Lembaga Penelitian (Lemlit) senantiasa memberikan petunjuk ataupun bantuan tenaga administrasi dan lain-lain bila diperlukan.

Saat ini PUSSIS-UNIMED dipimpin oleh seorang ketua tanpa dibantu oleh seorang staff. Untuk menyelenggarakan tugas-tugas yang dilaksanakan oleh PUSSIS, maka ketua merekrut mahasiswa yang memiliki loyalitas serta kemampuan kerja yang tinggi dalam menyukseskan setiap agenda kerjanya. Dengan demikian, untuk sementara waktu, ketiadaan staff masih dapat ditutupi dengan cara mengikutsertakan mahasiswa dalam pelaksanaan program-programmnya.

Oleh karena itu, adanya staff PUSSIS akan turut membantu dalam pelaksanaan setiap program-program yang telah direncanakan dan diagendakan.

3.  Sarana dan Prasarana

a. Ruang Kerja

Ruang kerja PUSSIS berada di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan dengan ukuran 4 x 10 M atau (40 m2). Ruang kerja ketua di lengkapi dengan  satu  unit meja kerja ketua, satu unit lemari kantor, satu unit biling cabinet, satu unit kursi sofa. Sedangkan ruang kerja staf terdiri dari dua meja kerja, satu unit lemari file, satu unit computer ion Pentium-4, satu unit meja panjang,  5 kursi lipat chitose, satu papan tulis putih (white board) yang seluruhnya berada dalam kondisi baik.

b. Perpustakaan

Perpustakaan yang berada dibawah naugan Lembaga Penelitian, saat ini berada dalam pengelolaan PUSSIS. Oleh karena itu, koleksi terdahulu berupa majalah dan hasil penelitian yang berjumlah 2000 judul menjadi tanggungjawab PUSSIS.  Ukuran perpustakaan yakni 6 x 8 meter atau 48 M2 yang dilengkapi dengan 9 unit rak buku, 3 unit lemari koleksi, 3 unit lemari pajangan. Ruangan perpustakaan telah dilengkapi dengan kipas angin untuk mengatur kelembapan suhu dalam ruangan. Selain itu juga dilengkapi dengan satu unit meja kerja petugas perpustakaan. Semuanya dalam kondisi yang baik. Disamping perpustakaan juga terdapat ruang baca dengan ukuran 4 x 8 m atau 32 M2. ruang baca dilengkapi dengan 8 meja baca serta 12 kursi lipat chitose.  Oleh karena itu, ruang baca dapat menampung sebanyak 20 orang pengunjung sekaligus.

Sejalan dengan visi PUSSIS yakni menjadikan PUSSIS sebagai pusat kajian dan informasi yang berkaitan dengan bidang ilmu Sejarah dan ilmu social maka jumlah koleksi telah ditambah dengan 6000 judul koleksi yang tediri dari buku dengan kategori Antropologi Sosial, Sejarah Umum, Sejarah Lokal, Politik, Biografi, Umum, sastra dan Agama Islam. Juga terdapat aneka jurnal seperti Prisma, Wacana, Kalam, Ilmu-ilmu Sosial, Arkeologi, Antropologi serta Koran langka,  yang dipinjam dari lembaga Pustaka Humaniora Medan. Oleh karena itu, hingga kini perpustakaan telah mengoleksi sekitar 8000 judul yang dapat diakses oleh pengunjung mahasiswa dan umum yang berkepentingan dengan konsentrasi keilmuan masing-masing.

Diruang perpustakaan, adalah ruang ber AC yang diperoleh dari universitas dan satu set komputer yang diperoleh pada tahun 2009. Demikian pula untuk menunjang kegiatan, diperoleh satu LCD.

4. Keuangan

Dalam melaksanakan rencana kerja berupa kegiatan-kegiatan yang terkait dengan bidang Ilmu Sejarah dan ilmu-ilmu Sosial, PUSSIS menerima dana melalui Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan yang berasal dari  SPP Unimed.

Disusun oleh:
Erond L. Damanik, M.Si
Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s